Selasa, 08 Desember 2009

Implementasi Smart Card Pada Absensi

1. Pengertian Smart Card

Smart Card adalah media penyimpan data dalam satu kartu yang merupakan pengembangan dari kartu magnetik dan mempunyai ukuran serupa dengan kartu pembayaran plastik masa kini. Beberapa jenis Smart Card masa kini memiliki chip Microprocessor serta Memory didalamnya sehingga Smart Card itu sendiri mampu menjalankan berbagai aplikasi seperti memproses

data, melakukan proteksi terhadap data, serta melakukan proses otentifikasi.

2. Contact Smart Card

Contact smart card memiliki chip kecil keemasan pada kartu, saat dibaca oleh reader, chip tersebut melakukan kontak dengan konektor yang dapat membaca informasi dari chip, dan dapat menuliskan informasi kembali kedalam chip.Pada contact smart card, beberapa standard ISO telah dikeluarkan untuk mendefinisikan bentuk fisik, posisi, karakteristik, protokol, format perintah yang dikirim dan respon yang dikembalikan, ketahanan kartu, hingga fungsinya. Kartu ini sendiri tidak memiliki baterai sebagai sumber tenaga, karena energi yang dibutuhkan akan dihasilkan oleh card reader, yang digunakan sebagai media komunikasi antara smart card dan host (misalnya komputer). Aplikasi yang melakukan proses dapat Anda letakkan pada host / komputer, bersamaan dengan database atau tools yang diperlukan oleh aplikasi.


3. Cara kerja Smart Card Secara Umum

PT Teknologi adalah layanan system proses menyimpan data absensi karyawan dengan menggunakan teknologi contact smart card berbasis smart card. Kelebihannya, memudahkan proses penyimpanan data absesnsi karyawan secara strutktur, dan memudahkan proses absensi secara cepat, dan mengurangi terjadinya kesalahan pada data absensi karyawan. Cara penggunaanya cukup mudah, kartu tinggal di sentuhkan pada reader Electronic Data Capture (EDC) dan dalam 3 detik proses data absensi telah selesai dan tersimpan.


4. Cara Kerja Smart Card pada Absensi


Cara Kerja smart card dalam kehadiran (absensi) seperti pada Gambar No 3. Aplikasi POS yang terhubung dengan EDC seperti pada Gambar No 2 Cara kerja dari aplikasi POS yang terhubung dengan EDC digambarkan pada Gambar di bawah ini sebagai berikut ;

5. Implementasi Smart Card

Untuk mudahnya, anggap Anda ingin membuat sebuah aplikasi absensi karyawan dengan menggunakan smart card, tentu saja Anda dapat membuat aplikasi yang tidak menggunakan media kartu, kartu hanyalah kemasan untuk tag atau chipnya.Tetapi untuk mudahnya kita akan berasumsi menggunakan kartu sebagai kemasannya.Untuk itu, setiap karyawan memiliki sebuah smart card agar dapat melakukan absensi. Sebuah card reader yang terhubung dengan sebuah komputer akan digunakan untuk membaca smart card tersebut, dan aplikasi Anda pada komputer tersebut akan melakukan proses pendataan yang diperlukan. Dari sisi hardware, Anda harus mengenal atau menentukan spesifikasinya, misalnya frekuensi yang digunakan (jika merupakan contactless atau RFID card), karakteristik dan kapasitas memory yang digunakan didalam chip, dan spesifikasi readernya. Dari sisi software, yang Anda butuhkan adalah interface yang mengirimkan output, dan diterima sebagai input pada aplikasi Anda. Interface ini dapat berupa API (Application Programming Interface), yang sering merupakan bagian dari SDK (Software Development Kit) yang disediakan oleh vendor hardware.Sedangkan “mantra” atau bahasa pemrograman yang Anda gunakan, adalah bahasa pemrograman favorit Anda, tentu saja jika Anda menggunakan SDK dari vendor, pastikan bahasa pemrograman yang Anda gunakan didukung oleh SDK tersebut. Agar aplikasi Anda dapat berkomunikasi dengan card reader dan memperoleh input darinya, aplikasi Anda harus terlebih dahulu mengenali card reader, untuk itu diperlukan proses inisiasi dengan card reader. Jika proses inisiasi telah berjalan, tugas berikut aplikasi Anda adalah menangkap data yang diberikan oleh card reader saat sebuah smart card terbaca. Jika sebuah smart card terdeteksi, Anda mungkin perlu melakukan beberapa validasi data yang diijinkan masuk dalam aplikasi. Mungkin Anda juga perlu mengambil beberapa informasi yang terdapat didalam smart card, mungkin berupa nomor induk karyawan atau informasi lainnya. Informasi disimpan didalam memory smart card berdasarkan blok-blok yang telah telah ditentukan. Jika diperlukan, aplikasi Anda dapat menuliskan kembali informasi pada lokasi blok memory tertentu pada smart card. Hingga langkah ini, beberapa perintah dasar yang harus Anda miliki berkaitan dengan hardware, adalah perintah-perintah:
1. Inisiasi card reader.
2. Validasi / Autentifikasi smart card.
3. Membaca informasi dari smart card.
4. Menulis informasi pada smart card.
Agar terdapat batas yang jelas, Anda perlu membuat suatu modul (mungkin Anda perlu memberikannya nama, misalnya modul Smart) yang mengakomodir kebutuhan hingga tahap ini. Perintah-perintah programming yang digunakan bisa jadi berbeda jika Anda menggunakan API atau SDK yang berbeda, tetapi fungsi dasarnya tetap sama. Selebihnya diluar modul Smart diatas, adalah aplikasi database yang umum, menyimpan dan memroses data, melakukan perhitungan yang diperlukan, menampilkan laporan, dan lain sebagainya.


Gambar 5 [Implementasi Smart Card]


Jika suatu saat Anda membuat aplikasi lain yang menggunakan smart card, Anda dapat menggunakan kembali (re-use) modul Smart diatas, dan berkonsentrasi pada proses bisnis di aplikasi dan database. Informasi didalam smart card, mungkin memiliki format tertentu, misalnya tertulis dalam karakter hexadecimal, untuk itu seperangkat library atau function konversi perlu Anda siapkan. ntuk mendukung keamanan, ada baiknya Anda melakukan enkripsi pada informasi penting yang ingin disimpan pada smart card. ari sebuah aplikasi sederhana, bukan tidak mungkin berkembang menjadi aplikasi yang lebih rumit seperti contoh-contoh yang telah dijelaskan diatas. Dalam hal ini, segala kemungkinan yang dapat dipikirkan untuk menjadi celah keamanan sistem harus diantisipasi dengan baik.

e-book gratis
Implementasi Smart Card pada Absensi

COMMENTS :

Don't Spam Here

4 komentar to “Implementasi Smart Card Pada Absensi”

thanks banget nih, ngebantu kartul gue abis blog lu, tenang aja gue tulis referensinya kok, bukan pembajak gue, hahahah, cheers !, -bhimbim.

Anonim mengatakan...
on 

ijin untuk tugas kuliah pak :D
referensi : Done

akira mengatakan...
on 

thank,s yha buat tgas niii .. ijin yha

iyya mengatakan...
on 

oke silahkan ,, semoga materinya bermanfaat buat anda semua,trims kembali

admin mengatakan...
on 

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .